Pelatihan Blog (1): Dasar-dasar Pembuatan Blog

18 08 2008

Sejarah Blog: http://en.wikipedia.org/wiki/Blog

Umumnya blog dimanfaatkan untuk:

– website pribadi untuk menuliskan “diary”.

– website komunitas untuk sharing info dan ajang diskusi.

– website komersial untuk menawarkan barang dan jasa (promosi).

Prasyarat umum sebelum membuat blog:

1. Mempunyai account email. WordPress akan menggunakan email untuk aktivasi account dan juga untuk pemberitahuan adanya comments baru tentang blog kita dari para pengunjung.

2. Menguasai bahasa Inggris (sedikit juga gpp)😀

Catatan: Jika gambar-gambar yang tampil dirasa kurang jelas, silahkan klik kanan pada gambar kemudian klik menu “Open link in new window” (Browser Mozilla atau Internet Explorer). Gambar akan muncul dengan ukuran sebenarnya.

Berikut langkah-langkah dalam membuat blog di wordpress.com:

Asumsi: Kita memilih blog dengan bahasa Inggris. WordPress menyediakan layanan blogging dengan bahasa Indonesia (atau mungkin lebih tepatnya bahasa Melayu). Penulis lebih memilih bahasa Inggris, dikarenakan beberapa terjemahan kata ke bahasa Indonesianya terasa asing dan susah dipahami kalau tidak terbiasa.

1. Membuat account di wordpress. Caranya klik tombol “Sign Up”.

Sign Up

Sign Up

2. Isi formulir pendaftaran anggota baru. Jika sudah ada nama yang sama, akan diminta mengisikan lagi. Pendaftaran yang berhasil akan otomatis mengirimkan cara aktivasi account ke alamat email yang dimasukkan. Buka inbox email saudara dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan account-nya.

Form Pendaftaran Account Baru

Form Pendaftaran Account Baru

3. Mendaftarkan nama blog yang kita inginkan. Jika sudah ada blog dengan nama yang sama, maka akan diminta mengisikan kembali nama blog yang baru.

Mendaftarkan Nama Blog

Mendaftarkan Nama Blog

Konfirmasi jika blog berhasil didaftarkan:

Blog Sukses Didaftarkan

Blog Sukses Didaftarkan. Alhamdulillah😀

Tampilan default blog kita bisa dilihat dengan mengetikkan nama blog kita di address bar browser. Misalnya: pksejahtera2009.wordpress.com kemudian ditekan Enter.

CARA MENULIS ARTIKEL DI BLOG

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam menulis sebuah artikel sederhana di blog:

1. Masuk ke dashboard blog kita. Salah satu cara masuk dashboard adalah arahkan kursor mouse ke bagian atas halaman web. Pilih menu “My Dashboard”. Kemudian klik pada nama blog yang kita inginkan. Tampilannya seperti gambar di bawah ini:

Cara Masuk Dashboard Blog

Cara Masuk Dashboard Blog

Masuk ke dashboard blog dimana kita akan menerbitkan tulisan. Contoh tampilan dashboard adalah seperti di bawah ini:

Dashboard Blog

Dashboard Blog

2. Klik tombol “Write a New Post” di bagian tengah sebelah kanan.

Klik Tombol "Write a New Post"

Klik Tombol

3. Ketikkan Judul dan Isi artikel.

Tulis Artikel

Tulis Artikel

4. Buat kategori artikel. Arahkan halaman web agak ke bagian bawah. Klik tombol “Add New Categories”. Masukkan kategori-kategori apa saja yang sekiranya Saudara butuhkan nantinya. Dengan adanya kategori maka tulisan-tulisan kita akan lebih rapi pengarsipannya. Jika tidak dibuat, maka artikel akan otomatis dikelompokkan ke “uncategorized” oleh WordPress.

Buat Kategori Artikel

Buat Kategori Artikel

5. Jika sudah dirasa cukup, klik tombol “Publish” di sebelah kanan bagian penulisan artikel. Jika suatu saat nanti artikel dirasa perlu diubah, maka WordPress menyediakan link menu “Edit” yang muncul di setiap artikel yang kita buat.

Klik "Publish"

Klik

6. Lihat artikel di blog. Caranya klik tombol “Visit Site” di bagian atas. Kalau ingin muncul di jendela baru, maka klik kanan pada tombol “Visit Site”, kemudian pilih “Open Link in A New Window”.

Publish Berhasil. Klik Tombol "Visit Site"

Publish Berhasil. Klik Tombol

Hasil sementara blog yang kita buat lengkap dengan artikelnya adalah sbb:

Hasil Publish Artikel

Hasil Publish Artikel. Alhamdulillah😀

MEMBUAT ARTIKEL YANG DILENGKAPI DENGAN GAMBAR

Berikut akan dijelaskan langkah-langkah untuk menambahkan gambar di artikel blog yang akan kita publish di internet:

1. Klik tombol “Write a New Post”.

2. Klik tombol “Add an Image” di toolbar “Add Media” bagian tengah halaman atau di bawah bagian “Title”agak ke kanan.

Klik Menu "Add an Image"

Klik Menu "Add Media" - "Add an Image"

3. Pilih menu “Browser Uploader”. Mengapa tidak langsung “Choose File”? Beberapa kali uji coba yang dilakukan penulis dengan cara itu selalu gagal. Namun ketika memakai cara Browser Uploader belum pernah menemui masalah, alias selalu berhasil.

Pilih Menu Browser Uploader

Pilih Link Menu "Browser Uploader"

4. Pilih file gambar yang mau ditambahkan ke artikel dengan cara menekan tombol “Browse”. Setelah itu klik tombol disebelahnya, yaitu “Upload”. Tunggu sampai upload selesai dilakukan. Lama tidaknya tergantung ukuran file dan bandwith warnet.

Klik Tombol Browse Untuk Memilih File Gambar

Klik Tombol "Browse" Untuk Memilih File Gambar, kemudian klik "Upload"

5. Atur lokasi tampilan gambar (rata kiri, tengah atau kanan) dan setting ukuran gambar (thumbnail, middle, full size). Kemudian klik “Insert into Post”. Jika sukses maka jendela browser akan kembali ke tempat penulisan artikel dengan dilengkapi tampilan gambar hasil insert tadi.

Klik Menu "Insert into Post" di Bagian Bawah

Klik Menu

6. Jika artikel sudah dirasa cukup, maka kirimkan artikel ke blog. Klik tombol “Publish”.

7. Lihat hasil artikel. Klik tombol “Visit Site”. Artikel kita sudah bisa menampilkan gambar. Alhamdulillah😀

Tampilan Artikel Blog dengan Gambar

Tampilan Artikel Blog dengan Gambar

(bersambung…)

LATIHAN MANDIRI:

Buatlah minimalnya 3 buah artikel terpisah untuk mencoba kombinasi penempatan gambar dengan setting:

– rata kiri, ukuran thumbnail.

– rata kanan, ukuran middle.

– full size.


Actions

Information

9 responses

4 09 2008
Materi Pembuatan Blog « Griya Pesona Asri E-21

[…] Modul 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4   […]

30 09 2008
sferyantow

Jangan sesali kegagalan

Alkisah seorang kakek di Baghdad pergi ke berbagai Negeri mencari kebahagian Di sebuah oase, dia melihat seekor burung pipit yang sangat indah. Dia berhasil menangkapnya.Burung ini ternyata bias berbicara.

“kakek,tolong lepaskan saya, nanti permintaan kakek akan saya penuhi,” kata si burung. “Baik, kalau bisa menjawab pertanyaan saya, kamu akan saya lepaskan,”kata si kakek. “di mana, kapan, dan bagaimana memperoleh kebahagiaan?”Tanya Si Kakek.

“pertama, jangan percaya kepada siapa pun kecuali Tuhan. Kedua, jangan berharap sesuatu yang kamu tak sanggup mendapatkannya. Ketiga, jangan sesali kegagalan di masa lalu.” Jawab burung itu kepada Kakek.

Merasa puas, si Kakek melepaskan burung itu . tapi, begitu dilepas,si burung meledek manusia tua itu.”dasar Kakek bodoh,”kata hewan itu.

“sebetulnya,kalau Kakek tidak melepaskan saya, saya akan memberikan telur emas,”

Si Kakeksangat menyesal dan mengejar burungitu, hewan ini hinggap di ranting pohon cemara. Kakek yang penasaran ini lantas berusaha meraihnya dan … dia terjatuh lalu pingsan. Ketika Kakek ini siuman, burung tersebut mendekatinya.

“Dasar manusia, baru beberapa menit saya beri petunjuk meraih kebahagiaan, kamu sudah lupa lagi, ingat Kek ,apa yang saya katakan tadi. Kakek jangan percaya pada siapa pun kecuali Tuhan! Saya ini burung, mengapa Kakek percaya saya?”

“kedua, tadi saya katakan jangan berharap pada sesuatu dan serakah dengan mengandalkan kekuatan sendiri. Karena kakek melanggar, akhirnya Kakek jatuh pingsa.”

“ketiga,”lanjut si burung, jangan sesali kegagalan atau peristiwa yang sudah lewat.mengapa Kakek menyesal? bukankah apa yang Kakek kerjakan, yakni melepaskan saya, sudah terjadi?” Sambil terbang ke angkasa.

Jangan pernah menyesali hidup yang saat ini anda jalani sekalipun ituhanya untuk satu hari, Hari-hari yang baikmemberikan kebahagiaan;hari-hari yang kurang baik memberi pengalaman; kedua-duanya memberi artin bagi kehidupan ini. Berjalanlah ke depan jangan menoleh ke belakang, jangan pedulikan sekeliling anda tapi berlarilah karena pengalaman masa lalu atau kegagalan anda dulu.

Ingatlah selalu bahwa seorang pemenang bukanlah seorang yang tidak pernah gagal, melainkan mereka yang tidakpernah menyerah terhadap kegagalan. Mungkin kita memiliki masa lalu yang kelam atau gelap, atau bahkan mungkin apa yang kita kerjakan selalu gagal, dari dulu tidak pernah berhasil. Jangan berhenti! Karena saat kita berhenti kita pasti akan menoleh ke belakang, ke masa lalu yang buruk atau pada kegagalan yang justru bukan memacu kita tapi malah membuat kita jatuh dan bersungut-sungut pada Tuhan. Arahkan lah mata dan hati kita ke depan dan bergerak maju menuju kemenangan yang akan diberikan Tuhan pada kita. Pergunakanlah waktu untuk terus menatap ke depan, menebus waktu yang telah kita gunakan untuk sesuatu yang sia-sia sehingga kita dapat meraih keberhasilan bersama Tuhan.

Kenangan indah masa lalu hanya untuk dikenang, bukan untuk di ingat –ingat. Rasa takut bukanlah untuk di nikmati, tetapi untuk dihadapi.tak seorang pun SEMPURNA.

MEREKA YANG MAU BELAJAR DARI

KESALAHAN ADALAH BIJAK.

BILA KITA MENGISI HATI KITA DENGAN

PENYESALAN UNTUK MASA LALU DAN

KEKHAWATIRAN UNTUK MASA DEPAN,

KITA TAK MEMILIKI HARI INI UNTUK KITA

SYUKURI.

3 02 2009
lina

makasih infonya ….aku copy ya…

3 02 2009
bluejundi

silahkan, mbak. semoga bisa bermanfaat buat semuanya. btw, mohon doa dan dukungannya bagi PKS di Pemilu 2009. terima kasih🙂 -admin blog

22 04 2009
ichwanuddin

saya ingin membuat blog , ,
tapi saya masih bingung gimana caranya,
tokong kasi saya solusinya , ,
trimakasih, ,

22 04 2009
bluejundi

dr penjelasan dlm artikel ini, bagian mana yg blm paham, mas? mungkin bisa kami bantu🙂

26 10 2010
“pelatihan blog” | Inna03's Blog

[…] Pelatihan Blog (1): Dasar-dasar Pembuatan Blog […]

22 01 2012
Rina As

terima kasih bapak atas tutorial ini. sangat membantu saya nie dalam membuat blog dengan wp

5 11 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: