Pelatihan Blog (2): Membuat Page

28 08 2008

Apakah yang dimaksud dengan “Page” atau yang berarti Halaman itu? Singkat kata, page, sesuai terjemahannya itu adalah halaman yang seolah-olah berupa selembar kertas dalam buku yang unlimited panjangnya sehingga bisa kita tulisi dengan artikel-artikel. Ada dua page yang biasanya otomatis disediakan oleh WordPress, yaitu “Home” dan “About”, tergantung theme layout yang dipakai. Page biasanya terletak di bagian atas blog kita. Dia merupakan link ke halaman lain dari “buku besar” blog kita. Jika page itu kita klik, maka seolah-olah kita pindah, masuk ke halaman baru (halaman baru tidak sama dengan artikel baru). Page “Home” adalah page utama sebuah blog, dimana kita biasa mengirimkan artikel berkali-kali. Page “About” biasanya diisi oleh para blogger tentang sejarah singkat blog-nya ataupun pofil dari pembuat blog itu sendiri.

Ada kalanya dua buah page default yang disediakan oleh WordPress dirasa kurang cukup. Sehingga perlu dibuat page baru. Seperti yang saudara bisa lihat di blog pksrungkut.wordpress.com, disitu ada tambahan page Struktur, Visi Misi, Keanggotaan, Dokumentasi dan Donasi. Semuanya disesuaikan dengan kebutuhan sebuah blog. Ada beberapa theme blog yang terbatas kemampuannya dalam menampung banyak page. Sehingga disarankan nama page dibuat singkat, padat dan jelas supaya bagian untuk page tidak sampai pecah alias menjadi dua baris, yang itu menurut penulis cukup merusak pemandangan😀

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PAGE BARU

1. Login ke blog kita melalui account yang sudah dibuat sebelumnya. Jika sukses maka saudara akan masuk ke halaman “Home”. Di sebelah kiri halaman web akan terdapat daftar blog yang kita kelola. Seperti gambar berikut ini:

Tampilan "Home" Account WordPress

Tampilan "Home"

Pilih blog yang akan kita tambahi page-nya. Klik salah satu.

2. Setelah masuk ke dashboard blog yang kita pilih, klik tombol menu “Write a New Page” yang berada di bagian tengah halaman web agak ke kanan. Hasilnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Ketikkan Judul dan Keterangan Page Baru

Ketikkan Judul dan Keterangan Page Baru

3. Setelah diisi judul halaman (page) nya dan dilengkapi paragraf untuk pengantarnya maka page siap untuk di-publish. Page juga bisa disisipi gambar terlebih dahulu supaya lebih menarik. Caranya seperti di modul Pelatihan Blog (1). Silahkan dibuka lagi catatannya🙂 Klik tombol menu “Publish” jika page jadi mau ditambahkan ke blog.

4. Jika saudara mau menambahkan page lagi, maka form isian serupa tinggal dilengkapi lagi. Tapi jika sudah dirasa cukup, kita bisa melihat perubahan page lewat klik kanan menu “Visit Site” di bagian atas halaman web, kemudian pilih “Open Link in New Window”. Alhamdulillah, blog kita punya halaman baru. Silahkan coba diklik untuk membuka isinya.

Tampilan Blog Dengan Satu Page Baru di Sebelah Kanan

Tampilan Blog Dengan Satu Page Baru di Sebelah Kanan

Catatan:

Sama dengan artikel yang dibuat di halaman utama, isi dari page tambahan juga bisa diubah suatu saat nanti. Tiap page ketika ditampilkan akan memiliki link menu “Edit”. Klik saja menu tersebut dan saudara bisa mengubah seperlunya.

Alhamdulillah. Sekian dulu materi pembuatan Page. InsyaAlloh bersambung dengan materi-materi berikutnya😀

LATIHAN MANDIRI:

Tambahkan beberapa page baru lagi ke blog saudara. Minimalnya ada 5 page keseluruhan yang tampil di halaman blog.


Actions

Information

One response

4 09 2008
Materi Pembuatan Blog « Griya Pesona Asri E-21

[…] 1 Modul 2 Modul 3 Modul 4 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: