KARSA: Satu Suara untuk Kemakmuran Jatim

3 11 2008

Bapak-bapak, Ibu-ibu, Mas-mas, Mbak-mbak,

Jangan lupa besok Selasa (4/11) pagi: COBLOS BRENGOSE!

SURYA – Friday, 31 October 2008
DUKUNGAN pada pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) terus mengalir menjelang pilgub putaran kedua,  4 November pekan depan. Baik dari partai politik (parpol) yang jagonya telah tumbang di putaran pertama, maupun dari kelompok-kelompok masyarakat. Dari parpol, dukungan ‘paling mantap’ datang dari kekuatan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Golkar. Disebut ‘paling mantap’ karena keduanya merupakan parpol besar di Jatim.
PKB menyandang status sebagai pemenang Pemilu 2004 dengan perolehan sekitar 31 persen suara. Sementara Golkar tercatat sebagai pemenang ketiga dengan perolehan sekitar 12,8 persen suara. Ketua Dewan Syura DPW PKB Jatim KH Abd Aziz Manshur menyatakan, dukungan pada pasangan KarSa itu sudah melalui pertimbangan yang sangat matang. Pasangan pemilik ikon brengos ini dianggap paling memenuhi syarat untuk memimpin provinsi berpenduduk mayoritas nahdliyyin ini. Kemampuan memimpin yang dimilikinya jauh lebih bisa menjamin terpenuhinya kepentingan warga NU, yang merupakan pendukung utama PKB. Begitu pula dengan komitmen menjaga tradisi dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi NU. Salah satu indikatornya, kata KH Abdul Aziz, pasangan ini pribdinya cukup bersih, termasuk juga orang-orang di belakangnya. “Pertimbangan itu kemudian diperkuat hasil istikharah (salat minta petunjuk) para kiai,” katanya.

Dukungan PKB Jatim ini kemudian diperkuat Partai Golkar. Bedanya, dukungan partai bergambar pohon beringin ini tidak muncul dari DPD Jatim, melainkan langsung dari DPD kota/kabupaten. Ada 34 Golkar kota/kabupaten yang kini sudah menghidupkan mesin politiknya untuk pemenangan KarSa. Praktis hanya empat Golkar kota/kabupaten yang tidak ikut bergabung. Masing-masing Ngawi, Kab Madiun, Pacitan, dan Trenggalek. Ketua Golkar Surabaya Eddy Budi Prabowo mengatakan, alasan utama membawa partainya mendukung KarSa karena pasangan ini paling mampu mengakomodasi kepentingan lintas golongan dan kekuatan lewat cara-cara dialog dan pendekatan persuasif. “Kemampuan seperti ini ini sangat dibutuhkan untuk memimpin Jatim yang penduduknya sangat besar dan punya beragam latar belakang,” kata Eddy Budi Prabowo.
Tambahan kekuatan dari PKB dan Golkar ini sekarang telah mengubah warna barisan KarSa menjadi pelangi. Ya, pelangi yang mempertemukan berbagai warga kepentingan politik dan golongan dalam satu barisan.
Maklum sebelumnya, sudah ada tiga parpol yang menjadi barisan pemenangannya. Masing-masing Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan partai berbasis kaum agamis, Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
“Sekarang semakin terbukti kalau Pakde Karwo bukan gubernur-nya golongan, tapi untuk semua rakyat Jatim,” tutur Achmad Rubaie, Wakil Ketua DPW PAN Jatim.
Rubaie menambahkan kekuatan besar parpol-parpol parlemen ini bukan hanya dibutuhkan untuk mesin pemenangan pilgub. Lebih penting dari itu justru bila seorang calon terpilih. Kekuatan dibutuhkan untuk mengawal, bahkan menjamin realisasi komitmen calon jika terpilih nantinya. Barisan besar ini yang pertama kali akan menagih bila gubernur hasil dukunganya terindikasi hendak mengingkari komitmen yang pernah dijanjikan. Sebaliknya kekuatan ini akan membentenginya manakala ada kekuatan politik yang mengganggu realisasi program. “Dengan begitu, program-program kemakmuran dan kesejahteraan yang dijanjikan bisa berjalan efektif. Kami tidak ingin seperti yang terjadi di sejumlah daerah. Kepala daerah terpilih tidak bisa melaksanakan janjinya karena tidak akomodatif dan posisinya di parlemen lemah,” jelasnya. (ian)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: