Liputan Gempa Sumatera

6 10 2009

Aktifitas Relawan PKS di Lokasi Bencana

Posko PKS yang beralamat di Kantor DPW PKS Sumatera Barat di Jl Batang Agam No.11 Padang Baru, Kodya Padang, (Telp 0751 – 7055 154), semakin padat dengan berbagai aktifitas selama 24 jam. Relawan dan bantuan juga terus berdatangan dan langsung diarahkan dan didistribusikan ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Kondisi Kota Padang.

Tim Relawan Kepanduan PKS pagi ini (3/10) melaporkan bahwa kerusakan berat yg masif menyebar di Padang dan Pariaman. Kota Padang masih memerlukan alat berat untuk memperlancar rescue dan evakuasi yang masih terus dilakukan untuk mencari korban yang dikhawatirkan masih terdapat di bawah reruntuhan bangunan. Alat berat juga diperlukan untuk membersihkan jalan dan fasilitas umum lainnya agar dapat difungsikan seperti semula.

Pasokan listrik sudah ada di berapa lokasi, dalam 3 hari ke depan diharapkan akan terus bertambah. Sementara itu BBM / premium sudah disupply hampir di semua SPBU dengan antrian yang panjang dan terus menerus sepanjang malam. Beberapa SPBU tetap buka 24 jam, namun terkendala minimnya tenaga operator yg belum full karena beberapa di antaranya turut menjadi korban gempa. Antrian di SPBU juga diperparah oleh banyaknya masyarakat yang antri membeli bensin dengan jerigen kecil atau botol, yang kebanyakan akan dijual lagi. Sedangkan antrian motor dan mobil relatif terjadi karena kebutuhan masyarakat lokal dan arus mudik. Di beberapa SPBU juga sudah tidak terjadi pembatasan pembelian sehingga kendaraan dapat mengisis full tank.

Di kota Padang toko-toko yang biasa menjual kebutuhan sehari-hari belum buka sehingga ke depan berpotensi meningkatnya permintaan air bersih, makanan dan susu formula serta kebutuhan pokok lainnya.

Di kota Padang korban luka umum nya sudah dievakuasi dan dirawat intensif walaupun dengan fasilitas yang terbatas.

Tim Rescue dan Tim Medis PKS.

Proses Rescue diutamakan di daerah Pariaman dan daerah pedesaaan, yang saat ini masih bersifat sporadis mengingat keterbatasan tenaga rescue. Sehingga relawan PKS yang berasal dari berbagai wilayah sebagian besar diarahkan ke Pariaman dan sekitarnya.

Tim Medis PKS, bersama Tim Medis BSMI dan PKPU saat ini masih berada di Dusun Sungai Jilatang, Nagari Campago, Kec 5 Koto Kampung Dalam, Pariaman. Terdapat 101 pasien yang berasal dari 237 rumah/kk. Di wilayah ini hanya tinggal lima rumah yang masih layak dihuni. Masyarakat membutuhkan: tenda, terpal, selimut, dan sembako.

Komunikasi radio.

Komunikasi telepon masih menjadi kendala, sehingga Tim Radio Komunikasi Kepanduan PKS terus mengupayakan agar jaringan radio komunikasi yang ada dapat dioptimalkan dan diperluas jangkauannya, agar memudahkan komunikasi dan koordinasi di lapangan.

“Kami menghimpun dan menyalurkan bantuan untuk korban bencana melalui Posko-posko di wilayah di seluruh Indonesia, serta PIP PKS di Luar Negeri. Salurkan kepedulian Anda melalui Rekening BCA 7600 31 8181 atas nama PKS P2B serta Rekening Bank Mandiri 12700 1111 1117 atas nama PKS”

Dokumentasi

Senin, 05/10/2009 13:55:38 | 1.069 hit | Versi Cetak | Email ke Rekan

Aktifitas Relawan di Sumbar

Inilah sebagian aktifitas relawan di Sumbar dari tim rescue, medis, dapur umum, radio komunikasi, dan distribusi bantuan.

Foto-foto: Posko PKS / Tim Advanced.


Actions

Information

One response

6 10 2009
Deni

lanjutkan pks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: